MENGENAL KODE BAN MOBIL
Ban merupakan komponen vital dari mobil.
Ketika ban sudah perlu diganti karena aus,
pemilik mobil tentu perlu tahu spesifikasi ban standarnya.
Maka penting untuk mengetahui arti dari kode ban mobil
agar saat memilih ban baru bisa sesuai spesifikasi pabrik.
Tidak semua pemilik mobil paham kode ban, baik huruf maupun angka.
Banyak yang beranggapan kalau semua ban baru itu bagus,
sehingga hal semacam ini sering diabaikan.
Banyak yang beranggapan kalau semua ban baru itu bagus,
sehingga hal semacam ini sering diabaikan.
Cermat membaca kode ban merupakan langkah pertama untuk berkendara dengan aman.
Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena tak cermat ketika memilih ban.
Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena tak cermat ketika memilih ban.
Semua ban memiliki rangkaian kode yang menginformasikan spesifikasi ban.
Kode tersebut meliputi ukuran/dimensi, tahun produksi,
ukuran tekanan (Psi/Pounds per Square Inch), maksimal rotasi kecepatan,
ukuran beban dan suhu maksimal saat berputar.
Kode tersebut meliputi ukuran/dimensi, tahun produksi,
ukuran tekanan (Psi/Pounds per Square Inch), maksimal rotasi kecepatan,
ukuran beban dan suhu maksimal saat berputar.
Namun kode 4 digit dari belakang adalah standar internasional yang menunjukkan
pada minggu (week) dan tahun (year) ban tersebut diproduksi.
pada minggu (week) dan tahun (year) ban tersebut diproduksi.
Sebagai contoh ban mobil dengan kode 205/65R15 95H.
205: Menunjukkan lebar telapak ban memakai satuan milimeter.
Semakin besar angkanya, maka semakin lebar telapak ban.
Semakin besar angkanya, maka semakin lebar telapak ban.
65: Menunjukkan rasio aspek (perbandingan tinggi ban
dengan lebar bagiannya). Angka 65 menunjukkan tinggi ban 65%
dari lebarnya.
dengan lebar bagiannya). Angka 65 menunjukkan tinggi ban 65%
dari lebarnya.
R: Menunjukkan konstruksi ban dengan lapisan radial.
15: Merupakan kode diameter dari pelek yang sesuai.
Berarti pelek yang dipakai menurut kode ini adalah berukuran 15 inci.
Berarti pelek yang dipakai menurut kode ini adalah berukuran 15 inci.
95H: Adalah simbol yang menunjukkan kapasitas maksimum beban
dan kecepatan ban yang secara aman dapat dioperasikan.
Angka 95 merupakan beban maksimum 690 kg per ban.
Sedangkan huruf H merupakan kecepatan maksimum 210 km/jam.
dan kecepatan ban yang secara aman dapat dioperasikan.
Angka 95 merupakan beban maksimum 690 kg per ban.
Sedangkan huruf H merupakan kecepatan maksimum 210 km/jam.
Perlu dipahami, ban juga mempunyai batas kadaluwarsa, biasanya 3 tahun dari
tanggal produksi atau sudah menempuh jarak 60 ribu kilometer. Setiap pabrik ban
mempunyai kode yang berbeda pada bagian ini. Kode 4 digit pada ban
adalah standar internasional yang menunjukkan pada minggu (week) dan tahun (year)
ban tersebut diproduksi. Contohnya, 1117 yang artinya ban diproduksi
pada minggu ke-11 pada tahun 2017.
tanggal produksi atau sudah menempuh jarak 60 ribu kilometer. Setiap pabrik ban
mempunyai kode yang berbeda pada bagian ini. Kode 4 digit pada ban
adalah standar internasional yang menunjukkan pada minggu (week) dan tahun (year)
ban tersebut diproduksi. Contohnya, 1117 yang artinya ban diproduksi
pada minggu ke-11 pada tahun 2017.
DAFTAR RESPON PARTISIPASI PELAJARAN Di SINI : DAFTAR RESPON SISWA (ABSEN)
Hanya Boleh diisi tanggal 18 Maret 2020
Jam 06.30 - 15.30 saja.
Klik link Berikut untuk menjawab Pertanyaan
tentang Ban dan Pelek : SOAL BAN DAN PELEK
Harus dijawab semua
MENDETEKSI KERUSAKAN PADA
KOPLING MOBIL ANDA
Anda memiliki mobil namun kurang memahami tentang mesin mobil ? Jangan khawatir,
pada dasarnya Anda bisa kok mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mobil..
Kopling mobil juga memiliki tanda-tanda kerusakan, pentingnya Anda mengenali kerusakan kopling
yaitu untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Jika Anda telah mengetahui
kerusakan apa yang terjadi pada mobil, tentunya kita lebih mudah untuk mengantisipasinya.
Misalnya kopling mobil mengindikasikan selip maka Anda sebaiknya menghindari jalan yang menanjak.
Jika kopling mengindikasikan habis maka Anda dapat mengantisipasinya dengan cara
segera melakukan penggantian kampas kopling atau menghindari perjalanan jauh.
Berikut ini gejala kerusakan pada kopling mobil :
1. BUNYI SAAT GIGI TRANSMISI DIPINDAHKAN
Jika menemukan bunyi seperti ini, umumnya masalah terjadi pada pelat kopling aus, atau pelat
yang tidak kembali sempurna, Gigi transmisi akan sulit dipindah, kalaupun bisa maka akan
muncul suara kasar dari mobil Anda. Jika merasakan atau menemukan gejala seperti itu,
sebaiknya segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel.
2. GETARAN KASAR
Ini terjadi saat komponen kopling tidak berhubungan secara halus, dan mobil seolah bergetar.
Penyebabnya bisa dari plat kopling, flywheel yang tidak rata.
3. SLIP KOPLING
Kondisi ini terjadi karena terjadi keausan pada permukaan pelat kopling. Selain itu bisa juga karena
terkena gemuk atau minyak, sehingga koefisien gesek plat menurun. Kondisi ini memungkinkan
kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin. Jika ini tejadi membuat mobil tidak bisa
melaju dengan cepat dan akan menyebabkan boros bahan bakar.
4. KAMPAS KOPLING HABIS
Kampas koping habis tandanya hampir sama dengan kopling slip yaitu akselerasi yang kurang dan
kendaraan yang tidak kuat ditanjakan. Akan tetapi ada tanda tanda lain yang mengindikasikan
bahwa kopling mobil Anda memerlukan penggantian diantaranya seperti pedal kopling terasa tinggi,
pedal kopling terasa berat, dan mesin mobil tidak mati ketika kopling dilepas secara tiba tiba.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda deteksi untuk mengetahui apakah kopling mobil Anda bermasalah
atau tidak, jangan menyepelekan hal – hal kecil yang terjadi pada mobil Anda. Ketahui sejak dini
kondisinya, agar kenyamanan dan keamanan dalam berkendara tetap terjaga. Bila Anda merasa kurang
yakin, segeralah cek mobil Anda ke bengkel terdekat. Semoga setelah membaca artikel ini,
Anda lebih bisa memahami kondisi mobil Anda ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar